0
Mewujudkan Sekolah Adiwiyata dalam Dekorasi Taman Ruangby Admin SMP Islam Al-Irsyad Cilacapon.Mewujudkan Sekolah Adiwiyata dalam Dekorasi Taman RuangSekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli akan lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata, semua warga sekolah diharapkan dapat menjaga serta membuat lingkungan yang ada di sekolah menjadi lingkungan yang hijau dan ramah lingkungan. Dalam rangka menuju sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, SMP Islam Al-Irsyad Cilacap membuat program yang bertajuk Adiwiyata […]

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli akan lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Dengan adanya program Adiwiyata, semua warga sekolah diharapkan dapat menjaga serta membuat lingkungan yang ada di sekolah menjadi lingkungan yang hijau dan ramah lingkungan.

Dalam rangka menuju sekolah Adiwiyata tingkat Nasional, SMP Islam Al-Irsyad Cilacap membuat program yang bertajuk Adiwiyata yang berjudul “SEKAM”, yang merupakan singkatan dari Sampah, Energi, Keanekaragaman Hayati, Air, dan Makanan. Dan salah satu yang menjadi sorotan adalah diadakannya Lomba Dekorasi Taman Ruang, yang bertemakan “Bersinergi Dalam Budidaya Tanaman Hias Untuk Mewujudkan Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional”.

Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu, 14 Oktober 2017, yang diikuti oleh 12 kelas, dari kelas 7, 8, dan 9. Kegiatan yang mengusung tema Adiwiyata yang diwujudkan dalam Lomba Dekorasi Taman Ruang ini digelar dalam setiap kelas, di mana setiap kelas membuat dekorasi taman yang berukuran 2m x 1m, yang berlatar di dalam kelas. Dalam kegiatan lomba dekorasi taman ruang ini tidak hanya melibatkan manajer kelas (wali kelas) dan peserta didiknya, melainkan wali murid juga dilibatkan dalam proses pembuatan dekorasi taman kelas ini.

Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah, dan dilanjutkan pemberian sambutan oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup. Selanjutnya, dilanjutkan dengan kegiatan dekorasi taman yang berkisar 2 jam lamanya. Antara peserta didik dan wali murid secara kompak menata rapi tanaman-tanaman menjadi taman yang indah dan bernilai.

Tidak hanya unsur keindahan dan kreatifitas yang diprioritaskan, tetapi penggunaan barang-barang bekas dan ramah lingkungan dalam pengaplikasian pembuatan dekorasi taman juga menjadi kunci dalam penilaian lomba tersebut.

Setelah kegiatan mendekorasian taman ruang selesai, dilanjutkan dengan penilailan masing-masing taman di setiap kelas, yang dinilai langsung oleh perwakilan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cilacap, perwakilan dari penata taman ruang, dan perwakilan dari pihak sekolah, yang pada hasil akhirnya diambil juara 1, 2, dan 3 dari yang terbaik.

Dalam kegiatan ini diharapkan agar semua warga sekolah bisa mencintai lingkungannya dan peduli akan keanekaragaman hayati yang ada di sekolah. Tanaman-tanaman yang dipergunakan untuk membuat dekorasi taman ruang, diharapkan ke depannya dapat dirawat dan dijaga dengan baik, agar dapat mewujudkan sekolah yang cinta akan keanekaragaman hayati, serta mewujudkan Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional.

Related Posts

 

Leave a Reply