0
Penerus Semangat Sumpah Pemudaby Admin SMP Islam Al-Irsyad Cilacapon.Penerus Semangat Sumpah PemudaDitemani rinai hujan, pada Sabtu, 28 Oktober 2017, SMP Islam Al Irsyad Cilacap menggelar acara bertajuk Mengukir Sastra dalam Goresan Cinta, Aksara, dan Karya. Acara ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda Membangkitkan gairah dan semangat cinta bangsa dan bahasa Indonesia menjadi tujuan utama memaknai nilai-nilai Sumpah Pemuda di tengah-tengah era globalisasi yang memungkinkan terkikisnya […]

Ditemani rinai hujan, pada Sabtu, 28 Oktober 2017, SMP Islam Al Irsyad Cilacap menggelar acara bertajuk Mengukir Sastra dalam Goresan Cinta, Aksara, dan Karya. Acara ini bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda Membangkitkan gairah dan semangat cinta bangsa dan bahasa Indonesia menjadi tujuan utama memaknai nilai-nilai Sumpah Pemuda di tengah-tengah era globalisasi yang memungkinkan terkikisnya nilai-nilai patriotisme dan nasionalisme di kalangan generasi muda.

Acara yang dimotori oleh perpustakaan SMP Islam A-lrsyad Cilacap diawali dengan pemberian apresiasi kepada dua pengguna perpustakaan terpuji, Keduanya dinobatkan dalam King dan Queen Perpustakaan SMP Islam Al-Irsyad Cilacap Tahun 2017, atas nama Muhammad Raihan Ar Rofi kelas 9 Tasyrif dan Eka Nurjanah Kelas 9 Tafdhiil.

Kemudian dilanjutkan dengan lomba mendongeng antar kelas yang disaksikan oleh seluruh peserta didik kelas 7, 8, dan 9 Masing-masing perwakilan kelas membawakan dongeng jenis fabel yang bersumber dari buku-buku koleksi perpustakaan. Mendongeng di depan sekitar 300 teman- temannya membutuhkan keberanian dan kelihaian dalam merangkai kata agar pesan dongeng tersampaikan Sambutan antusias penonton mengiringi kemampuan setiap peserta dalam berimajinasi Pemuda yang berani menghadapi tantangan adalah modal dalam membangun bangsa.

Selain lomba mendongeng perpustakaan juga mengedukasi kepada peserta didik untuk menjadi pembaca yang cerdas, maka digelarlah lomba literasi Buku. Perwakilan kelas membedah buku yang telah mereka baca dan telaah ketika kegiatan litersi di kelas di hadapan audiens. Peserta lomba mengadakan dialog interaktif dengan audiens perihal identitas buku, isi buku, kekurangan dan kelebihan buku, serta menyampaikan saran berkenaan dengan buku yang dibedahnya, Nuansa ilmiah mewarnai acara tersebut.

Bersamaan dengan kegiatan lomba mendongeng dan bedah buku, diadakan pula lomba membuat poster tentang lingkungan hidup. Agar tumbuh sikap peduli lingkungan khususnya di SMP Islam Al Irsyad Cilacap yang sedang persiapan menuju Adiwiyata Tingkat Nasional. Dan juga diharapkan Karakter cinta tanah air tumbuh melalui karya mereka sehingga menginspirasi peserta didik yang lain.

 

Leave a Reply